Plagiat

Juni 18, 2015
Sepenggal cerita dari seorang sahabat yang sudah lama tidak berjumpa. sahabat saya ini bernama ani (bukan nama sebenarnya). sekarang ani tengah menempuh pendidikan di salah satu PTN di kota surabaya. beberapa waktu yang lalu ani menghubungi saya lewat madia sosial (sykpe) raut mukanya sungguh kesel terlihat jelas karena saat itu kami sedang berkomunikasi dengan menggunakan video call. ani bercerita tentang kekesalannya pada seorang teman di kampusnya, yang selalu menjiplak karyanya, pada saat itu ani mendapat tugas dari salah satu dosennya untuk membuat desain rumah. awalnya seorang teman menayakan bagaimana mengerjakan tugas dari dosen tersebut, karena kebetulan dosen yang ini memang agak killer. dan mungkin teman ani ini agak sedikit tidak mengerti tentang tugas yang di berikan oleh dosennya itu. dan dengan leluasa ani menjelaskan bagaimana cara mengerjakan tugasnya tersebut. lalu temannya tersebut menceritakkan idenya untuk tugas tersebut, dan meminta pendapat ani apakah ide tersebut cocok dengan tugas yang di berikan oleh dosennya. lalu ani menjawab sesuai dengan apa yang iya pahami, tak lama setelah itu kemudian temannya kembali bertanya tentang ide yang akan ani tuangkan untuk desainnya nanti. dengan tanpa rasa curiga sedikitpun ani menceritakan ide dari desainnya itu. beberapa hari kemudian tugas yang di minta harus terkumpul. saat itu ani menghampiri temannya tersebut dan bertanya apakah tugasnya sudah selesai. namun yang di tanya tak kunjungi menjawab dan hanya diam seribu bahasa. kemudian salah satu teman ani yang lain memaksa teman ani untuk menyerahkan tugasnya karena sebentar lagi tugas tersebut sudah harus terkumpul sebelum UAS di mulai. dan akhirnya teman ani menyerahkan tugasnya kepada teman ani yang satunya. setelah semua tugas sudah terkumpul ani mengcek satu per satu tugas dari teman-temannya. saat itulah ani baru sadar kalau ide dari desain yang iya buat jauh-jauh hari telah dijiplak oleh temannya tadi, hampir tak ada yang berbeda dari desain keduanya. dari cover depanpun sama hanya tema dari desainnya tampak berbeda sedikit. tema dari desain ani tampak singkat namun kerapiannya tidak di ragukan lagi. namun untuk teman ani tema dari desainnya sama dengan ani hanya di tambah satu kalimat saja. itulah yang membuat ani uring-uringan tidak karuan. saya jadi teringat kejadian tempo hari saat salah satu dosen saya memberi tugas. ada satu teman saya yang mungkin tidak sengaja membuat judul yang sama dengan tugas saya, dan hanya di tambah satu kalimat saja. memang sepertinya saya dan ani benar-benar teman senasib dan seperjuangan. bagaimana tidak saya di sini (RIAU) dan ani di sana (SURABAYA) mengalami hal yang sama. semoga kejadian ini tidak menimpa teman-teman di luar sana. semoga dengan saya membagi pengalaman ini semakin banyak orang yang menghargai hak cipta orang lain, dan tidak sembarangan menjiplak hak cipta orang lain.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.